BAB 1 EKONOMI KOPERASI#

PENGARUH PARTISIPASI ANGGOTA TERHADAP SISA HASIL USAHA PADA KOPERASI SAMUDERA SEJAHTERA SAMARINDA TAHUN BUKU 1999-2003

 

Oleh:

Hasnawati, S. Pd

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui partisipasi anggota, sisa hasil usaha (SHU) dan pengaruh partisipasi anggota terhadap sisa hasil usaha Koperasi Samudera Sejahtera (KOMURA)  Samarinda tahun buku 1999-2003. Sampel yang digunakan adalah partisipasi anggota dan sisa hasil usaha untuk tahun buku 1999-2003 (jangka waktu 5 tahun), dalam pengumpulan data menggunakan  teknik dokumentasi. Sebagai alat analisis adalah statistik regresi dan koefisien korelasi Product Moment.

Berdasarkan analisis data diperoleh persamaan data regresi Y = -96399071 + 0,416X, serta besarnya r = 0,897 dengan interpretasi “tinggi”. Korelasi yang positif menunjukan adanya hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Berdasarkan uji F diperoleh F = 12,38 yang menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara variabel Y. Jadi hipotesis yang dinyatakan diterima. Besarnya sumbangan relatif partisipasi anggota terhadap sisa hasil usaha (SHU) adalah r2 = 0,805 (80,5%), sedang sisanya 19,5% disebabkan oleh faktor lain yaitu partisipasi dari bukan anggota (masyarakat sekitar).

Ada keaktifan para anggota dalam berpartisipasi melalui simpanan pokok, simpanan wajib seta dalam melakukan transaksi pada koperasi mengakibatkan pendatapatan koperasi naik.Hal ini dapat mempengaruhi kenaikan laba/sisa hasil usaha (SHU). Disarankan agar partisipasi anggota semakin ditingkatkan lagi tetapi pengurus mencatatnya dengan teliti, serta adanya pencatatn tersendiri bagi pembelian di luar anggota, selain itu juga agar pihak Dinas Koperasi Pembinaan Usaha Kecil kota Samarinda dapat melakukan pembimbingan terus-menerus misalnya dengan membantu peminjaman modal.

 

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.  Latar Belakang Masalah

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-perorangan atau badan hukum Koperasi dengan berlandaskan pada prinsip Koperasi sekaligus gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi juga mempunyai peran untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan m,akmur, maju, sejahtera. Dan diharapkan dapat membangun dirinya sendiri agar kuat dan mandiri sehi8ngga dapat berperan sebagai soko guru perekonomian Indonesia.

Perkoperasian adalah suatu kegiatan yang bersangkutan dengan kehidupan Koperasi. Gerakan koperasi adalah keseluruhan organisasi Koperasi dan kegiatan perkoperasian yang bersifat terpadu menuju tercapainya cita-cita bersama Koperasi yang telah diatur dalam UU No. 25 Tahun 1992 yangberisi tentang perkoperasian disebutkan bahwa tujuan koperasi adalah untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarkat pada umumnya, ikut serta membangun tatanan perekonomian Nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur.berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Anggota adalah pemilik sekaligus pengguna pelayanan koperasi.Keaktifan anggota berpartisipasi dalam pembiayaan koperasi berupa simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela serta pemanfaatan berbagai potensi pelayanan yang disediakan koperasi angkat meningkatkan modal koperasi.Dengan keaktifan partisipasi para anggota dalam berkoperasi maka kegiatan koperasi dapat berjalan dengan lancar.

Modal kerja merupakan jumlah dana yang terus menerus harus menghubungkan antara saat pengeluaran uang untuk memperoleh barang, dengan saat penerimaan penjualan.Modal kerja selain untuk pembiayaan operasional juga untuk pembayaran yang tidak ada kaitannya dengan produksi.

Sisa hasil usaha koperasi merupakan pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurangi dengan biaya penyusutan, dan kewajiban lainnya dikurangi dana cadangan dibagikan kepada anggota sebanding dengan jasa usaha yang dilakukan masing-masing anggota koperasi.

Koperasi Samudra Sejahtera (KOMURA) Samarinda merupakan koperasi yang mempunyai usaha jasa-jasa angkutan, bongkar muat barang dari kapal, telekomunikasi, simpan pinjam, dan pertokoan.Anggotanya kini sebanyak 1.140 orang dan merupakan salah satu koperasi di Indonesia yang merupakan wadah ekonomi yang berbasis ekonomi kerakyatan.Koperasi ini berdiri sejak tahun 1990, berdasarkan laporan neraca keuanganmeningkat setiap tahunnya yang berpengaruh pada meningkatnya sisa hasil usaha (SHU).

Selain itu juga melayani anggotaKoperasi Samudra Sejahtera juga memberi pelayanan kepada bukan anggota, namun proporsi transaksi dari anggota lebih besar dibandingkan dengan bukan anggota.Hal ini menunjukan jati diri koperasi yang sesungguhnya.

  1. B.  Rumusan Masalah

 

Berdasarkan pada uraian diatas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah partisipasi anggota mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi?

 

  1. C.  Tujuan Penelitian

 

Tujuan penelitian adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mengetahui partisipasi anggota koperasi
  2. Untuk mengetahui besarnya sisa hasil usaha (SHU) koperasi
  3. Untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggota terhadap sisa hasil usaha (SHU).

 

Sumber : file : http://guruvalah.20m.com/script1.pdf

Leave a comment